Fotografi

Fotografi.

# antara amatir dan pro

# antara kamera canggih dan kamera hp

Fotografi, ya siapa yang ga tahu fotografi, kegiatan mengabadikan peristiwa mulai dari objek alam, mahkluk hidup, makanan ataupun benda mati. Istimewanya kini di era keterbukaan dan smartphone canggih , semua orang bisa mengikuti kursus singkat fotografi serta menghasilkan  foto-foto keren like a pro yang di shoot dari kamera handphone. Namun tetap saja DSLR tidak tergantikan untuk kebutuhan profesional, IMO.
Apa sih yang membedakan fotografer profesional dengan yang amatir, kuliah jurusan fotografi atau otodidak? SLR/DSLR/Mirrorless atau kamera hp/pocket? peralatan fotografi? IMHO ya…..yang membedakan itu ya bisa dari semua faktor diatas. Kalau sudah megang ilmu dasarnya fotografi bisa di eksplorasi lebih lanjut agar megang juga teknik-teknik pro nya. Nah jam terbangnya? bukan juga berarti hanya pengalaman berkerja sebagai fotografer ya. Tapi pengalaman dengan perangkat yang dikuasai dan mencari berbagai objek foto. Mengikuti berbagai pameran dan lomba foto juga bisa mengasah kemampuan. Akan tetapi semua itu kembali ke proses belajar, itu persamaannya.
Pro dan amatir sama-sama melalui proses belajar, yang sudah pro pasti dulunya belajar dari Nol kan, ga langsung bisa dan canggih. Yang amatir juga pasti ada jalan menuju Pro, dinikmati saja prosesnya. jaga semangat positif, terus belajar dan berdoa. Good luck!